5 Tools mendukung pekerjaan tim sysadmin IT

Tim administrasi sistem jarak jauh bertugas menyediakan penanganan 24 jam. Berdasarkan Tim Infrastruktur Global OpenStack, mereka  bergantung pada lima aplikasi opensource untuk saling terhubung dan berkomunikasi , dan untuk mengkoordinasikan pekerjaan mereka.

Berikut lima alat open source memungkinkan kita untuk memenuhi tujuan tersebut sambil tetap tim yang tinggi-berfungsi.

1. Chat berbasis teks

Menggunakan Internet Relay Chat (IRC), yang diberikan kepada kami oleh freenode jaringan IRC, yang berjalan pada open source Internet Relay Chat daemon (IRCd).

http://www.43oh.com/wp-content/uploads/2010/11/msp430_ircl_channel_43oh.png

Berikut ini adalah gambaran singkat dari saluran suatu pagi:

<clarkb> hrm no world dump on that failure?
<openstackgerrit> Anita Kuno proposed openstack-infra/storyboard: Add example commands for the Timeline api https://review.openstack.org/337854
<openstackgerrit> Victor Ryzhenkin proposed openstack-infra/project-config: Add openstack/fuel-plugin-murano-tests project https://review.openstack.org/332151
<clarkb> its definitely an io error of some sort
<clarkb> possibly run out of disk space?
<therve> The df output looks normal...
<greghaynes> or, is it writing out to tmpfs?

Kemudian pada saat panggilan suara lebih diperlukan , maka mereka  juga menggunakan sistem  Asterisk untuk mendukung Voice over IP (VoIP).

Namun jika IRC terlalu jadul menurut anda anda dapat menggunakan Telegram,  tersedia untuk versi Desktop, web, bahkan untuk smartphone. Saya sendiri termasuk yang menggunakan telegram dalam komunikasi dalam team.

2. EtherPad

http://www.nixtech.net/sites/default/files/styles/large/public/etherpad-logo.png?itok=_qyBh9cY

Etherpads-host adalah editor teks kolaboratif yang memungkinkan kelompok untuk mengedit dokumen bersama-sama secara real time. Tim mereka menggunakan ini untuk berbagai tujuan: berkolaborasi pengumuman yang bertujuan  ke seluruh proyek, berbagi ide, pembicaraan dan topik untuk pertemuan-pertemuan di dalam tim, menulis rencana pemeliharaan dan upgrade.

Etherpad in action.

Penggunaan sebuah EtherPad biasanya sejalan  dengan kolaborasi pada IRC dan mailing list. Mereka menggunakan open source EtherPad Lite dalam infrastruktur kami.

3. Pastebin

http://cdn.embed.ly/providers/logos/pastebin.png

Sebuah pastebin memungkinkan Anda untuk menyisipkan sejumlah besar teks dan mengembalikan URL yang Anda dapat dengan mudah berbagi dengan anggota tim. Untuk tim , yang berarti kemampuan untuk berbagi logs dengan anggota tim yang tidak memiliki akses ke server,berbagai  file konfigurasi , dan instruksi tugas yang belum didokumentasikan.

Ada beberapa aplikasi opensource yang bisa dugnakan untuk membuat pastebin anda sendiri jika anda tidak ingin menggunakan pastebin publik, diantaranya LodgeIt . Tips: Jika anda ingin menjalankan pastepin secara publik maka gunakan robots.txt file agar data yang anda masukan tidak di indexs oleh Search enggine.

4. GNU Screen

Secara resmi dikenal sebagai multiplexer terminal, GNU Screen memungkinkan Anda untuk menjalankan perintah, atau beberapa perintah, dalam sesi terminal layar dan menjaga aplikasi yang berjalan setelah Anda log out. Ini menjadi sangat berguna jika kita menjalankan proses yang sangat panjang, secara manual memunculkan perintah yang akan gagal jika koneksi terputus .

Yang paling menarik, GNU Screen dapat juga digunakan  untuk melatih dan mengajarkan kepada anggota root lain dari tim, tugas-tugas administrasi sistem yang belum dijalankan  otomatis atau didokumentasikan. Beberapa pengguna pada sistem dapat masuk ke sesi screen pada saat yang sama untuk sesi terminal kolaboratif.

  Jika GNU Screen belum familiar dengan anda, dapat juga menggunakan Alternatif  seperti tmux dan Byobu .

5. Git

https://i1.wp.com/dab1nmslvvntp.cloudfront.net/wp-content/uploads/2016/03/1458791372git.png?w=940&ssl=1

Git diciptakan oleh Linus Torvalds untuk mengelola pengembangan kernel Linux. Git sekarang masuk ke revisi sistem kontrol untuk proyek-proyek open source.  Dengan tim  yang mencakup berbagai zona waktu, akan sulit untuk mengejar ketinggalan pada delapan jam diskusi. Dengan Git Anda dapat melihat semua perubahan yang dibuat untuk sistem dengan membaca komit log, dan mempelajari hal hal yang berubah.

Tip: Selalu pastikan Anda menyertakan mengapa perubahan dibuat dalam pesan commit Anda.
Info: Git tidak sama dengan Github. Git adalah aplikasi yang anda install di komputer, sedangkan github adalah Jaringan Social yaitu kumpulan git yang saling terkolaborasi mengerjakan proyek yang sama.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: