Cara backup data Android Menggunakan ADB

Back up data aplikasi, pesan teks dan sejenisnya di Android bisa sangat membosankan, dan kadang-kadang membutuhkan biaya tambahan. Banyak aplikasi di Play Store yang bisa digunakan untuk membuat cadangan data tetapi kemudian seringkali dibumbui iklan yang mengganggu dan untuk tanpa iklan memerlukan pembayaran biaya tertentu. Tahukan anda bahwa ada cara yang lebih baik untuk melakukan backup dan itu semua dapat dilakukan pada komputer Anda?

Android memiliki set tools Developer. Banyak diantaranya, salah satu yang paling banyak digunakan adalah  ADB (atau Android Debug Bridge). ADB memungkinkan pengguna untuk mendapatkan akses command line langsung ke perangkat Android. Dengan demikian tools ini dapat digunakan untuk berbagai hal,  termasuk back up seluruh perangkat Android! Berikut adalah cara untuk melakukannya pada Ubuntu.

Catatan: tutorial ini dilakukan dengan fokus pada Ubuntu Linux. ADB juga tersedia pada Windows dan MacOS. Backup menggunakan ADB pada windows dan MacOS.

Buka jendela terminal dan masukkan perintah ini untuk menginstal alat ADB untuk interaksi dengan Android.

  sudo apt install adb

adb-install-adb-ubuntu

Dengan tools ADB diinstal pada sistem, menu debugging harus diaktifkan dalam Android. Mulailah dengan membuka area Setelan Android. Scroll kebawah sampai anda ketemu “Tentang Ponsel”. Akan muncul “Status”. Pilih status kemudian scroll kebawah lagi, cari “Buat Nomor ‘dan tekan tujuh kali. Ini akan mengaktifkan Mode Developer.

adb-about-phone

Untuk sampai ke Settings Developer, tekan tombol Kembali pada perangkat untuk kembali halaman setting. Sebuah pilihan baru dalam pengaturan akan muncul: “Opsi pengembang.” Klik untuk masuk ke area pengaturan pengembang. Scroll sampai ketemu “debugging Android” , dan klik agar Debuging Aktif.

Membuat backup dengan ADB sangat mudah, hanya dengan menjalankan beberapa perintah. Pertama, colokan kabel USB yang sesuai dengan perangkat Android, dan hubungkan ke PC. Lalu, ke terminal dan masukkan berikut:

  adb start-server

Ini akan memulai server Android Debugging Bridge. Dengan perintah ini berjalan, buka perangkat Android,  ADB akan memunculkan jendela konfirmasi yang harus diterima untuk melanjutkan.

adb-all-usb-debugging

Untuk memulai proses backup, masuk ke terminal dan masukkan perintah backup ini. Perintah ini akan menyimpan pesan teks dan aplikasi, dan menyimpannya ke dalam file terenkripsi.

adb backup -apk -shared -all -f backup-file.adb

adb-full-backup

Menjalankan perintah backup akan meminta pengguna untuk membuka Android dan menetapkan password untuk file sebelum Android akan menjalankan prosedur backup. pastikan password mudah diingat. Kemudian, pilih “back up my data” tombol. backup dapat akan membutuhkn, ketika  selesai, file bernama “backup-file.adb” akan berada di “/ home / username /.

Untuk mengembalikan cadangan, aktifkan server ADB (seperti sebelumnya) dan jalankan perintah berikut ini untuk mengembalikan data.

adb restore backup-file.adb

adb-full-restore

Sekali lagi, buka Android,  ADB akan meminta pengguna untuk memasukkan password. Kali ini, bukan membuat password, masukan password yang dibuat sebelumya. Setelah itu pilih “restore my data,” dan proses restorasi akan dimulai.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: